Bea Cukai Beri Dukungan Berkelanjutan Agar Pelaku Usaha Bisa Ekspor

Bea Cukai Beri Dukungan Berkelanjutan Agar Pelaku Usaha Bisa Ekspor
Bea Cukai tidak henti mengasistensi para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berpotensi ekspor hingga dapat merealisasikan produknya. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Dua kantor pelayanan Bea Cukai, yaitu Kendari dan Makassar tidak henti mengasistensi para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berpotensi ekspor hingga dapat merealisasikan produknya.

Lamgkah itu mendorong pertumbuhan ekspor nasional.

"Hal ini merupakan bagian dari inisiatif kami untuk meningkatkan kontribusi di sektor ekspor. Bea Cukai berkomitmen dalam memberikan dukungan berkelanjutan kepada UMKM berorientasi ekspor di berbagai daerah," ujar Kepala Subdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

Pada (12/3), Bea Cukai Kendari secara resmi melepas ekspor perdana 84,5 ton kelapa ke kota Hainan, China.

Ekspor kelapa milik PT Infiniti Sumber Alam ini memiliki nilai total sebesar 21.125 USD atau setara dengan Rp 331.134.000. 

Biasanya, eksportasi dilakukan melalui pelabuhan Makassar atau Surabaya, tetapi setelah melalui proses asistensi dan sosialisasi yang dipimpin oleh Tim Ekspor Bea Cukai Kendari.

Ekspor ini dapat terlaksana secara langsung dari Kendari, Sulawesi Tenggara ke kota Hainan. Biaya ekspor pun bisa terpangkas.

"Hal ini diharapkan dapat menjadi langkah awal eksportir lain untuk melakukan ekspor langsung, sehingga anggaran bagi eksportir dapat ditekan, yang pada akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan pelaku ekspor," kata Encep. 

Bea Cukai tidak henti mengasistensi para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berpotensi ekspor hingga dapat merealisasikan produknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News