Bea Cukai Berkolaborasi dengan Pemda untuk Meningkatkan Ekspor

Bea Cukai Berkolaborasi dengan Pemda untuk Meningkatkan Ekspor
Tim Bea Cukai berkolaborasi dengan pemda untuk meningkatkan potensi ekspor nasional. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berkolaborasi dengan pemerintah daerah (Pemda) di beberapa wilayah guna mendorong peningkatan ekspor nasional dengan mengoptimalkan potensi di daerah.

Selain itu, Bea Cukai juga terus berupaya meningkatkan pemahaman serta pengetahuan para eksportir tentang prosedur dan fasilitasi ekspor.

Upaya itu antara lain dilakukan Kantor Bea Cukai di wilayah Jawa Timur I, Juanda, Tasikmalaya, Kupang, dan Denpasar.

"UMKM dan para pelaku usaha lokal menjadi fokus bahasan untuk terus mendapatkan support dan asistensi ekspor agar ekspor nasional terus melesat,” kata Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Hatta Wardhana.

Kantor Wilayah Bea Cukai Jatim I dan Bea Cukai Juanda menghadiri rapat koordinasi sinergi pendampingan ekspor di Kantor Export Center Surabaya, Gedung Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Selasa (25/5), sebagai wujud nyata keseriusan pemerintah untuk terus mendorong ekspor produk lokal.

Rapat itu membahas beberapa hal terkait ekspor, di antaranya fasilitas promosi dagang, penyebaran informasi/sosialisasi pemanfaatan hasil perundingan perdagangan bebas (FTA), serta pemutakhiran data eksportir dan pemetaan produk unggulan ekspor Jawa Timur.

Rapat koordinasi itu menyinergikan beberapa instansi yang terlibat langsung dalam proses ekspor. Di antaranya adalah Balai besar karantina pertanian Surabaya, Balai karantina ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya I, Balai Besar POM Surabaya dan Bea Cukai Juanda.

Hatta mengatakan, kerja sama yang baik antarinstansi terkait dalam rangka mendorong ekspor produk UMKM di Jawa Timur akan menghasilkan peningkatan jumlah penjualan ke luar negeri.

Bea Cukai di berbagai daerah berkolaborasi dengan pemda untuk meningkatkan ekspor nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News