Bea Cukai Dekati Para Penggerak Ekonomi Nasional, Ini Tujuannya

Bea Cukai Dekati Para Penggerak Ekonomi Nasional, Ini Tujuannya
Bea Cukai terus mengunjungi para penggerak ekonomi nasional untuk memberikan edukasi dan kemudahan ekspor. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggelar program customs visit customer (CVC) dengan melakukan kunjungan kerja  di beberapa wilayah pengawasan. 

Program ini rutin dilakukan Bea Cukai kepada para stakeholder sebagai sarana diskusi dan pemberian informasi terkini terkait kepabeanan dan cukai.

Di Sumatera Utara, Bea Cukai Belawan bersama Laboratorium Bea Cukai Medan mengunjungi PT Bingei Agung sebagai perusahaan distributor peralatan pertanian, pupuk, dan pestisida yang melakukan impor sejak 2007.

“Bea Cukai menjelaskan teknis pemeriksaan fisik barang impor, termasuk pengujian di laboratorium. Guna mempercepat pengujian, perusahaan diharapkan menyertakan dokumen analisis semacam material safety data sheet,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai.

Dokumen ini dapat dijadikan sebagai bahan mitigasi risiko terhadap terpaparnya petugas, khususnya pemeriksa fisik barang akan barang beracun dan berbahaya.

Harapannya, perusahaan tidak menemukan kendala dalam clearance sehingga tidak menjadi penyumbang dwelling time.

Standar layanan pengujian barang pada Laboratorium Bea Cukai adalah tiga hari per sampel barang sejak sampel diterima dan realisasi layanan berada di bawah waktu yang ditetapkan.

Di Pematang Siantar, Bea Cukai mengunjungi kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangkei untuk memantau dan ikut menangani kendala dalam industri dan kegiatan ekspor.

Bea Cukai menggelar program customs visit customer untuk mendekati pelaku usaha sebagai penggerak ekonomi nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News