Bea Cukai Dorong 2 PLB Ini Berkontribusi bagi Perekonomian Indonesia

Bea Cukai Dorong 2 PLB Ini Berkontribusi bagi Perekonomian Indonesia
PT Peteka Karya Tirta adalah salah satu pusat logistik berikat. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mendirikan pusat logistik berikat (PLB) yang memberikan banyak manfaat, antara lain, penangguhan bea masuk hingga tiga tahun serta dilengkapi sistem pengawasan elektronik yang komprehensif. 

Kontribusi PLB terhadap perekonomian negara tecermin dari peningkatan arus keluar masuk barang yang turut meningkatkan devisa impor dan ekspor serta mendorong kinerja industri di Indonesia.

PLB mempermudah dan mempercepat akses bahan baku dan bahan penolong dari luar negeri, menurunkan biaya logistik, serta meningkatkan produksi dan keberdayasaingan industri pengguna PLB.

Peran PLB yang sangat strategis dan besarnya manfaat PLB bagi perekonomian Indonesia mendorong Bea Cukai untuk menyosialisasikan fasilitas kepabeanan ini dan terus mengasistensi pelaku industri. 

Pada Agustus 2022, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta, Tanjungpinang, dan Kanwil Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau mengantarkan peresmian dua PLB baru, yaitu PT Logistik Anak Bangsa dan Integrated Terminal Tanjung Uban.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Kamis (18/8) mengatakan PT Logistik Anak Bangsa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri besar dengan jenis barang yang ditimbun berupa ban. 

Dengan fasilitas ini, perusahaan tersebut mendapatkan sejumlah fasilitas kepabeanan, seperti penangguhan bea masuk, pajak, izin impor, dan jangka waktu timbun barang lebih dari tiga tahun. 

"Melalui pemberian fasilitas kepabeanan ini, kami berharap PT Logistik Anak Bangsa dapat semakin berkembang dengan selalu menaati peraturan-peraturan yang berlaku," ujarnya.

Bea Cukai mendorong dua pusat logistik berikat (PLB) ini berkontribusi bagi perekonomian negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News