Mendagri Tito Karnavian Sampaikan 4 Pesan Penting di Perbatasan Indonesia

Mendagri Tito Karnavian Sampaikan 4 Pesan Penting di Perbatasan Indonesia
Mendagri Tito Karnavian memberikan pesan kepada para pihak di perbatasan Indonesia. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, KAPUAS HULU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan empat pesan kepada para pihak di perbatasan Indonesia.

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto menyampaikan pesan tersebut saat memimpin upacara HUT Ke-77 RI di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (17/8).

Dia menyatakan Mendagri memberikan empat catatan pesan untuk semua pihak. Pertama, perlunya memberdayakan potensi dan menggunakan produk dalam negeri. Selain itu, meningkatkan peran UKM dalam perputaran roda ekonomi kawasan perbatasan.

Kedua, memupuk rasa bangga bagi setiap warga negara Indonesia bahwa mampu berdiri sama tinggi atau lebih maju dalam beraktivitas dengan masyarakat negara tetangga.

Ketiga, perlunya menjaga keutuhan wilayah, kedaulatan negara, sekaligus menciptakan kegiatan-kegiatan produktif yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Keempat, perlunya menjaga persatuan dan kesatuan serta melestarikan lingkungan di antara masyarakat dan aparatur pemerintahan yang bertugas di perbatasan.

Eko mengatakan Mendagri mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi dan jajaran pemerintah daerah, termasuk masyarakat, yang telah melaksanakan tugas di seluruh wilayah perbatasan negara.

"Terima kasih atas dedikasi waktu, tenaga, dan pikiran dalam menjaga serta membangun wilayah perbatasan," katanya.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan empat pesan penting bagi wilayah perbatasan Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News