Bea Cukai Dorong Gebyar Ekspor Produk Pertanian ke 124 Negara

Bea Cukai Dorong Gebyar Ekspor Produk Pertanian ke 124 Negara
Bea Cukai Dorong Gebyar Ekspor Produk Pertanian ke 124 Negara. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai ikut berperan aktif mendorong kegiatan Gebyar Ekspor produk pertanian dari 34 provinsi di Indonesia, Kamis (30/12).

Kegiatan ekspor yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian RI itu dilakukan ke 124 negara dengan perkiraan volume produk mencapai 1,3 juta ton sebesar Rp 14,4 triliun.

Ekspor tersebut secara serentak dilepas oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Dengan mengangkat tema "Ekspor Tangguh, Indonesia Tumbuh", kegiatan itu terpusat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar, dan diikuti secara daring dari seluruh Indonesia.

Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) turut mendorong ekspor produk pertanian dari wilayah Sumatera Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, Provinsi Sumsel mengekspor komoditas pertanian dengan total 16,61 ribu ton senilai Rp 244,4 miliar ke sejumlah negara.

Beberapa komoditas tersebut di antaranya kayu olahan, mintak kelapa sawit, frozen fresh coconut milk, serabut kelapa, palm kernell shell, maggot, dan kelapa bulat.

“Kami siap mendorong peningkatan ekspor dari Sumatera Selatan dengan pelayanan maksimal dan berbagai fasilitas," ujar Sugeng Apriyanto, Kepala Kanwil Bea Cukai Sumbagtim.

Bea Cukai ikut berperan aktif mendorong kegiatan Gebyar Ekspor produk pertanian dari 34 provinsi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News