Bea Cukai Dorong Pelaku UMKM Ekspor Produk ke Pasar Internasional

Bea Cukai Dorong Pelaku UMKM Ekspor Produk ke Pasar Internasional
Bea Cukai bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Desa Devisa Tenun Gresik. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai rutin menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah lain untuk menggali potensi pelaku UMKM.

Hal tersebut dilakukan untuk mendorong potensi pelaku usaha dalam negeri untuk mengekspor produknya ke pasar internasional.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menuturkan, dibutuhkan upaya kolektif dalam menciptakan ekosistem yang mendorong usaha dalam negeri berkembang.

''Karena itu, Bea Cukai aktif menjalin sinergi dengan instansi lain untuk mendorong ekspor secara masif di berbagai daerah,'' ujarnya.

Koordinasi dan kolaborasi dalam rangka mendorong ekspor kali ini dilaksanakan Bea Cukai Tanjungpandan, Langsa, Bea Cukai Wilayah Banten, dan Gresik.

Bea Cukai Tanjungpandan melaksanakan program Tanjung Tinggi (Datang Berkunjung Tingkatkan Sinergi) ke Dinas Koperasi UKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung.

Dalam kunjungan tersebut, Bea Cukai melihat berbagai komoditas UMKM yang menjadi andalan di Belitung.

Yaitu, lada, gula aren, gula semut, dan madu. “Ke depan, Bea Cukai Tanjungpandan berkoordinasi untuk menciptakan akses pasar luar negeri dan menekan biaya logistik sehingga produk dari Belitung dapat merambah ke pasar internasional,” tambah Hatta.

Bea Cukai bekerja sama dengan instansi pemerintah untuk mendorong potensi pelaku UMKM agar mengekspor produk ke pasar internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News