Bea Cukai Dorong Pelaku UMKM Pasarkan Produk hingga Mancanegara

Bea Cukai Dorong Pelaku UMKM Pasarkan Produk hingga Mancanegara
Petugas Bea Cukai mengunjungi stan produk UMKM. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali menggelar sosialisasi kepada para pelaku usaha, khususnya usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). 

Bea Cukai menggandeng pemerintah daerah (pemda) untuk memberikan sosialisasi di empat wilayah, yaitu Bekasi, Kember, Bandar Lampung, dan Banjarmasin.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan, bertambahnya informasi terkait kemudahan ekspor dan impor seharusnya memberikan stimulus dan motivasi kepada para pelaku usaha agar memperluas pasar produknya.

Bea Cukai Bekasi turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan promosi dagang produk ekspor unggulan dan workshop kepada pelaku UMKM di wilayah Bekasi yang diinisiatori dinas Perdagangan dan Perindustrian (21/7). 

Kegiatan ini merupakan upaya Bea Cukai Bekasi dalam menjalin koordinasi dan sinergi antarinstansi untuk mendorong UMKM mengembangkan produknya dalam upaya menembus pasar mancanegara.

Sementara itu, berkolaborasi dengan Koperasi dan Usaha Mikro dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember, Bea Cukai Jember melaksanakan kegiatan Coaching Clinic Produk Ekspor UMKM Kabupaten Jember pada 20-21 Juli 2022. 

Kegiatan ini diikuti oleh 37 peserta yang merupakan UMKM pilihan yang lolos dalam pelaksanaan.

Hatta menegaskan, lewat sosialisasi, pihaknya mendorong industri nasional menjadi lebih kreatif, berkembang, dan eksis.

Bea Cukai menggelar pelatihan dan sosialisasi agar produk UMKM bisa menembus pasar mancanegara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News