Bea Cukai Dukung Ekspor Produk UMKM di 3 Wilayah Ini

Bea Cukai Dukung Ekspor Produk UMKM di 3 Wilayah Ini
Bea Cukai mengunjungi pelaku UMKM di tiga daerah untuk mendukung ekspor produk. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengungkapkan pihaknya memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berupa asistensi dan fasilitas di bidang ekspor dan impor. 

“Kegiatan ekspor dapat membuka peluang pasar baru di luar negeri menjadi lebih luas, menumbuhkan investasi, dan melebarkan cakupan pasar domestik. Dengan demikian, otomatis meningkatkan pendapatan ekonomi negara,” katanya.

Hatta menyatakan kegiatan asistensi dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Buru, Langsa, dan Karanganyar, baru-baru ini.

Tim Dukung Ekspor Bea Cukai Ambon melanjutan asistensi kepada pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Buru, CV Generasi Buru Mandiri pada Kamis (13/10). 

CV Generasi Buru Mandiri merupakan pelaku usaha minyak kayu putih dengan salah satu komoditasnya sabun minyak kayu putih.

Novi, pemilik CV Generasi Buru Mandiri mengaku bahwa dirinya pernah mengirim sampel produknya ke Turki dan mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kami berharap, setelah asistensi dari Bea Cukai, CV ini dapat melakukan ekspor langsung dari Maluku dalam kapasitas yang lebih banyak,” ujarnya.

Sebelumnya, di Langsa, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banda Aceh dan Langsa melakukan kunjungan sekaligus asistensi produk ekspor perikanan di Desa Meunasah Asan, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (12/10).

Bea Cukai mendukung kinerja UMKM dengan memberikan asistensi ekspor di tiga wilayah ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News