Yang Gemar Belanja Online Hati-Hati! Waspada Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai

Yang Gemar Belanja Online Hati-Hati! Waspada Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai
Masyarakat harus mewaspadai modus penipuan online yang mengatasnamakan petugas Bea Cukai. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai merupakan instansi pemerintah yang kerap dicatut namanya dalam modus penipuan.

Berdasarkan data contact center Bea Cukai, pada Agustus 2022, ada 759 pengaduan penipuan mengatasnamakan Bea Cukai. Modus yang dilaporkan bermacam-macam, salah satunya, penipuan berkedok online shop yang menyasar pembeli barang, baik pembelian dari luar negeri maupun dalam negeri.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan untuk meminimalkan jatuhnya korban, Bea Cukai Yogyakarta dan Jambi gencar menyosialisasikan modus penipuan yang perlu diwaspadai sekaligus cara menghindarinya. 

Bea Cukai Yogyakarta berbagi informasi modus-modus penipuan mengatasnamakan petugas Bea Cukai melalui kanal radio internal, Bejo Radio.

Bea Cukai Jambi memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang peran dan fungsi Bea Cukai serta cara pelaporan indikasi penipuan dalam kegiatan Customs On The Street di Mall Pelayanan Publik Jambi.

Modus penipuan terbanyak yang digunakan adalah online shop. Hal ini menunjukkan masih banyak masyarakat dan/atau pengguna jasa yang kurang memahami tugas dan fungsi Bea Cukai serta prosedur yang berpengaruh pada kegiatan belanja online.

Ini menjadi celah bagi pelaku penipuan. Untuk mencegah hal tersebut, Bea Cukai menggalakkan sosialisasi tugas dan fungsi Bea Cukai dalam rangkaian belanja online, serta pemberian tips dalam belanja online agar terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai. 

‘’Kami juga membahas prosedur pemeriksaan yang dilakukan oleh Bea Cukai dalam kegiatan belanja online dan tata cara penghitungan tagihan bea masuk dan pajak dalam rangka impor serta tata cara dan mekanisme pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor yang benar," jelasnya.

Bea Cukai meminta pembeli yang kerap melakukan belanja online mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan petugasnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News