Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Produk Para Pelaku Usaha di Jatim, Nilainya Fantastis

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Produk Para Pelaku Usaha di Jatim, Nilainya Fantastis
Bea Cukai melayani ekspor produk olahan udang ke pasar global pada Kamis (4/8). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, SIDOARJO - Kanwil Bea Cukai Jatim II bersama Bea Cukai Jember berhasil mengawal perusahaan penerima fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) pembebasan, PT Tri Mitra Makmur, untuk mengekspor secara perdana produk olahan udang ke pasar global pada Kamis (4/8).

Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, menyatakan, pihaknya mengawal ekspor 18.862,2 kilogram olahan udang dengan jenis frozen PDTO Argentine Red Shrimp dengan nilai ekspor USD 221.212,90 atau sekitar Rp 3,2 miliar dengan tujuan ke Vigo, Spanyol.

PT Tri Mitra Makmur (TMM) mendapat penetapan izin sebagai penerima fasilitas KITE pembebasan dari Kanwil Bea Cukai Jawa Timur (Jatim) II pada awal Juni 2022 dengan hasil produksi berupa olahan udang dengan pangsa ekspor utama ke Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Komitmen dalam mendorong kegiatan ekspor juga ditunjukkan Bea Cukai Juanda. Asistensi dan dukungan gencar dilakukan terhadap para pelaku usaha hingga berhasil melaksanakan ekspor komoditas unggulannya. 

Kali ini, terdapat tiga perusahaan yang melakukan ekspor dengan dua jenis komoditas, yakni pakaian dan sepatu. 

Perusahaan pertama adalah PT Eratex Djaja dengan produk celana panjang yang mencapai tonase 1.104 kg. Dua perusahaan selanjutnya adalah PT Ecco Indonesia dan PT Karyamitra Budisentosa dengan komoditas sepatu wanita berbahan kulit. 

Ekspor sepatu ini mencapai total tonase lebih dari 11 ton dengan masing-masing perusahaan 646 kg dan 10.447 kg.

Bea Cukai Juanda mengawasi pemuatan komoditas ekspor ke dalam sarana pengangkut berupa truk serta pengawasan atas pelekatan segel pengamanan. 

Mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, Bea Cukai memfasilitasi ekspor produk para pelaku usaha di Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News