Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Umbi Porang Kalimantan ke Jepang

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Umbi Porang Kalimantan ke Jepang
Bea Cukai Banjarmasin bersama Pemprov Kalsel melepas ekspor perdana Umbi Porang ke pasar Jepang. Foto: humas Bea Cukai

jpnn.com, BANJARMASIN - Dukungan Bea Cukai terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN) diwujudkan dengan mendorong peningkatan ekspor komoditas dalam negeri dari berbagai daerah.

Salah satunya dilakukan Bea Cukai Banjarmasin bekerja sama dengan Pemprov Kalimantan Selatan merealisasikan ekspor komoditi Umbi Porang (Amorphophallus Muelleri) ke Jepang.

"Porang  tersebut adalah hasil budidaya dari Kabupaten Balangan yang akan diekspor oleh PT. Buana Alam Lestari berbentuk chip ke Shimizu Chemical Corporation," kata Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin Kurnia Saktiyono dalam keteranganya, Rabu (14/4).

Pengiriman Umbi Porang kering tahap pertama seberat 10 ton tersebut akan melewati jalur laut melalui Pelabuhan Trisakti menuju Jepang.

Menurut Kurnia, target pengiriman Umbi Porang kering dalam lima bulan ke depan mencapai 100 ton.

Umbi Porang saat ini menjadi salah satu komoditas primadona yang banyak dicari sebagai bahan baku industri, dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Produk itu memiliki pasar ekspor ke sejumlah negara seperti Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Australia dan Korea Selatan.

Diharapkan pengiriman perdana itu meningkatkan kegiatan ekspor di wilayah Kalsel, sehingga mampu mendorong perekonomian nasional untuk bisa terus bangkit di tengah pandemi Covid-19. (*/jpnn)

Bea Cukai Banjarmasin memfasilitas Umbi Porang Kalimantan menembus pasar ekspor ke Jepang.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News