Bea Cukai Gandeng Pemda Dorong Peningkatan Ekspor Produk UMKM

Bea Cukai Gandeng Pemda Dorong Peningkatan Ekspor Produk UMKM
Bea Cukai berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan ekspor produk UMKM. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kantor pelayanan Bea Cukai di beberapa daerah menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat untuk mendorong peningkatan ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Hatta Wardhana menyatakan, kerja sama pihaknya dengan pemda berfokus pada pengembangan kapasitas industri kecil dan menengah (IKM), koperasi, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berorientasi ekspor," ujarnya.

"Kami yakin potensi komoditas ekspor di berbagai wilayah jika dikolaborasikan dengan berbagai program kemudahan ekspor milik Bea Cukai memacu pertumbuhan ekspor Indonesia," katanya pada Senin (23/5).

Hatta menyebutkan, tiga kantor yang aktif menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah ialah Bea Cukai Pangkalpinang, Banjarmasin, dan Sidoarjo.

Melalui Tim Klinik Ekspor, Bea Cukai Pangkalpinang bersinergi dengan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kepulauan Bangka Belitung.

Hal itu dilakukan untuk menjaring potensi ekspor para pelaku UMKM.

Kedua pihak membahas potensi ekspor komoditas UMKM setempat, sinergi program pelatihan, isu-isu terkini terkait UMKM, serta masalahnya.

Tujuannya, memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan proses bisnis sehingga dapat melaksanakan ekspor mandiri.

Bea Cukai bersama pemerintah daerah mendorong peningkatan ekspor produk UMKM agar bisa bersaing di pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News