Bea Cukai Gandeng Pemda Tingkatkan Perekonomian Lewat Ekspor

Bea Cukai Gandeng Pemda Tingkatkan Perekonomian Lewat Ekspor
Ilustrasi pala. Foto: Malut Post/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menanggulangi turbulensi ekonomi dalam negeri yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, Bea Cukai kian gencarkan ekspor dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai daerah.

Upaya itu dilakukan Bea Cukai dengan menggandeng pemerintah daerah (Pemda), terutama dalam membenahi hal-hal yang menjadi faktor pendukung bagi peningkatan daya saing produk ekspor Indonesia.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai Sudiro mengatakan kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah telah menjalin sinergi yang solid dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan ekspor dari daerah masing-masing.

Kegiatan itu dilakukan di Maluku, setelah sukses mengadakan ekspor hasil perikanan, Bea Cukai Ambon bersama pemerintah provinsi itu menjajaki potensi ekspor dari sektor lainnya, yaitu perkebunan, dengan pala sebagai komoditas utamanya.

“Terakhir provinsi ini mengekspor pala adalah 21 tahun yang lalu. Untuk itu, Bea Cukai Ambon berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Maluku untuk mendorong kembali ekspor komoditas tersebut," kata Sudiro dalam keterangannya, Senin (19/4)

Selain pala, Maluku memiliki dua komoditas unggulan lain yaitu cengkih dan kelapa yang berpotensi untuk diekspor langsung dari provinsi itu. Bea Cukai pun siap mendukung Dinas Pertanian untuk melahirkan eksportir-eksportir nonperikanan baru dari daerah tersebut.

Selain di Maluku, kata Sudiro, bea Cukai juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang dalam memfasilitasi perdagangan dan industri serta mengusahakan upaya yang perlu dilakukan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Di Bengkayang, Bea Cukai Sintete dan pemkab menjalin koordinasi atas pemanfaatan Pelabuhan Kijing," ucap Sudiro.

Bea Cukai terus mendorong daerah menggali potensi UMKM untuk bisa melakukan kegiatan ekspor untuk meningkatkan perekonomian daerahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News