Bea Cukai Gelar Asistensi Bersama Pemda untuk Tingkatkan Ekspor UMKM

Bea Cukai Gelar Asistensi Bersama Pemda untuk Tingkatkan Ekspor UMKM
Bea Cukai melakukan bersama pemerintah daerah (Pemda) menggelar kegiatan asistensi ke pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melakukan bersama pemerintah daerah (Pemda) menggelar kegiatan asistensi ke pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha terkait pengembangan produk dan potensi ekspornya.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan perekonomian nasional menghadapi banyak tantangan setelah pandemi Covid-19.

Misalnya, kata dia, kesulitan untuk menaikan kelas usaha, minimnya akses digitalisasi, kesulitan menembus pasar global, adanya hambatan dalam produktivitas, dan kurangnya layanan finansial.

“Asistensi ini adalah salah satu upaya kami untuk mendorong peningkatan ekspor daerah dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN),” kata Hatta.

Bea Cukai Jambi bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Jambi melaksanakan kegiatan pelatihan dan asistensi UKM orientasi ekspor (9/6).

Kegiatan itu turut dihadiri oleh pelaku UKM di Kuala Tungkal, perwakilan Desa Tungkal I, perwakilan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), dan Ketua Kelompok Petani Kopi Kuala Tungkal.

Hatta mengatakan bahwa para pelaku UKM di wilayah Jambi penting untuk diberikan pemahaman terkait prosedur dan ketentuan ekspor bagi produk perikanan, terlebih beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para eksportir.

Bea Cukai melakukan bersama pemerintah daerah (Pemda) menggelar kegiatan asistensi ke pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News