Bea Cukai Gelar Sosialisasi dan Asistensi di 3 Wilayah untuk Mendorong Ekspor

Bea Cukai Gelar Sosialisasi dan Asistensi di 3 Wilayah untuk Mendorong Ekspor
Bea Cukai menggelar kegiatan sosialisasi dan asistensi ekspor di Blora, Bandung, serta Labuan Bajo. Ilustrasi Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Untuk menumbuhkan semangat ekspor dan meningkatkan pemahaman para pelaku usaha dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tentang ketentuan kepabeanan, Bea Cukai menggelar kegiatan sosialisasi dan asistensi ekspor. 

Kali ini, kegiatan sosialisasi dilakukan Bea Cukai di tiga wilayah masing-masing di Blora, Bandung, dan Labuan Bajo.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan UMKM sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam menyambut pasar global dan mampu memperluas peluang pemasaran melalui ekspor.

Bea Cukai Jateng DIY bersama Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Blora menggelar sosialisasi manajemen ekspor bagi pelaku usaha batik dan mebel kayu jati pada Rabu (26/10) di aula Kantor Disdagkop UKM Blora. 

Melalui kegiatan ini Bea Cukai Jateng DIY dan Pemkab Blora berupaya meningkatkan rasio ekspor, devisa ekspor, serapan tenaga kerja serta memberi dampak positif terhadap perekonomian khususnya di Blora.

Di wilayah Jabar, Bea Cukai Bandung hadir memenuhi undangan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bandung dalam agenda pelatihan manajemen ekspor bagi UMKM Kota Bandung Tahun 2022. Dalam kegiatan ini, Bea Cukai Bandung menjelaskan tata laksana kepabeanan.

“Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan peserta pelaku usaha kecil menengah Kota Bandung. Bea Cukai Bandung menekankan kepada pelaku usaha terkait prosedur ekspor dan impor, alur proses bisnis ekspor dan impor, fasilitas KITE IKM, dan prosedur barang kiriman. Harapannya kegiatan ini dapat membuka wawasan dan memotivasi para pelaku UMKM Kota Bandung agar dapat menaikan kualitas produk hingga tingkat pasar ekspor,” ujar Hatta.

Bea Cukai Labuan Bajo mengikuti kegiatan bimtek akselerasi ekspor yang diselenggarakan oleh Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Ende, Flores Timur, NTT. Kegiatan ini mengangkat tema "Kopra Putih dan Pangsa Pasar di Mancanegara".

Bea Cukai menggelar sosialisasi dan asistensi di tiga wilayah ini untuk mendorong ekspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News