Bea Cukai Indonesia dan Malaysia Bertemu, Ini yang Dibahas

Bea Cukai Indonesia dan Malaysia Bertemu, Ini yang Dibahas
Pertemuan Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi dan Jabatan Kastam Diraja Malaysia hari ini. Foto : Humas Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai Indonesia adakan pertemuan bilateral dengan Jabatan Kastam Diraja Malaysia (JKDM) pada hari Rabu (07/08).

Pertemuan diadakan dalam rangka meningkatkan kerjasama pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai antara kedua administrasi kepabeanan.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi mengungkapkan dalam pertemuan tersebut didiskusikan beberapa topik kepabeanan dan cukai terkini.

"Di antaranya pertukaran informasi, pertukaran informasi pengenaan cukai minuman berpemanis, pengawasan dan penegakan aturan rokok ilegal, kebijakan pabean terkait e-commerce dan pengawasan penyelundupan sampah plastik,” ujar Heru.

BACA JUGA : Ahok Ungkap Perasaannya karena Sempat Bersalaman dengan Prabowo

Beberapa hasil pertemuan dari pertemuan yang telah diselenggarakan antara lain, Bea Cukai dan JKDM akan melanjutkan joint task force di tahun 2019 dan akan membicarakan secara lebih detail terkait skema operasi tersebut dengan strategi yang lebih baik di tingkat teknis.

Kedua administrasi kepabeanan juga akan merumuskan implementasi pertukaran data outward dan inward manifest secara elektronik dengan cara yang aman dan mudah.

Selain itu, telah disetujui akan pentingnya pertukaran data informasi dalam implementasi kebijakan e-commerce dan akan didiskusikan lebih lanjut.

Bea Cukai dan JKDM juga berkomitmen untuk melanjutkan penjajakan kerjasama Mutual Recognition Agreement on Authorized Economic Operator.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News