Bea Cukai Jalin Sinergi dengan TNI untuk Perkuat Pengawasan

Bea Cukai Jalin Sinergi dengan TNI untuk Perkuat Pengawasan
Bea Cukai jalin sinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) guna menjaga pengawasan di perbatasan Indonesia. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai jalin sinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) guna menjaga pengawasan di perbatasan Indonesia.

Sinergi itu diwujudkan melalui edukasi ketentuan kepabeanan di perbatasan negara kepada TNI dan kunjungan kerja Bea Cukai ke markas TNI di daerah.

Bea Cukai Langsa mengadakann edukasi kepada TNI di aula Markas Batalyon Infanteri Raider Khusus 111/Karma Bhakti, Jumat (31/3).

Mereka diberikan pembekalan ketentuan kepabeanan pada persiapan satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas).

Pembekalan itu bertujuan untuk memberikan edukasi pada anggota Batalyon yang akan bertugas sebagai pamtas darat perbatasan RI-Papua.

“Pengetahuan tentang kepabeanan diperlukan, mengingat penjagaan perbatasan tidak hanya dilaksanakan di Pos Lintas Batas Negara, sehingga probabilitas terjadinya penyelundupan harus diantisipasi,” ujar Sulaiman, Kepala Kantor Bea Cukai Langsa.

Sulaiman menegaskan perdagangan barang di perbatasan diatur dengan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 2019 tentang Perdagangan Perbatasan dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 80/PMK.04/2019 tentang Impor dan Ekspor Barang yang Dibawa oleh Pelintas Batas dan Pemberian Pembebasan Bea Masuk Barang yang Dibawa Oleh Pelintas Batas.

“Kami berharap melalui upaya sinergi dan peningkatan peningkatan kompetensi SDM ini dapat meningkatkan kualitas pengawasan,” ujar Sulaiman.

Bea Cukai jalin sinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) guna menjaga pengawasan di perbatasan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News