Bea Cukai Jayapura dan Ternate Gencarkan Patroli Jaga Perairan Wilayah Timur Indonesia

Bea Cukai Jayapura dan Ternate Gencarkan Patroli Jaga Perairan Wilayah Timur Indonesia
Bea Cukai Ternate dan Bea Cukai Jayapura menggencarkan patroli laut menjaga perairan wilayah timur Indonesia. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai Ternate menggandeng Ditreskrimsus Polda Maluku Utara menggelar patroli laut untuk mengamankan perairan wilayah timur Indonesia.

Operasi yang digelar akhir Oktober itu dilakukan di perairan Pulau Tidore, Pulau Mare dan Pulau Moti.

Patroli melibatkan sejumlah personel dari KPPBC TMP C Ternate dan Polda Maluku Utara dengan menggunakan Kapal Patroli Bea Cukai dengan Nomor Lambung BC 1513.

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Ternate, Jims Oktovianus mengatakan patroli laut merupakan salah satu program peningkatan pengawasan yang merupakan bagian dari penguatan reformasi kepabeanan dan cukai.

“Selain itu, patroli juga dilakukan untuk mengamankan masyarakat dari jangkauan penyelundupan barang yang tidak dikehendaki seperti narkotika, terorisme, barang berbahaya, perdagangan ilegal dan bentuk kejahatan kemaritiman lainnya,” ungkap Jims.

Jims berharap, kedepannya terjalin komunikasi dan koordinasi yang makin baik serta pertukaran informasi yang cepat dan tepat guna memudahkan pengawasan di wilayah Maluku Utara.

Tidak hanya Ternate, Bea Cukai Jayapura juga melakukan patroli laut pada 23-26 November 2020.

Operasi menggunakan Kapal Patroli BC 15038 Laut Jayapura untuk melihat area-area antara lain Perairan Tanjung Ria, Perairan Tanjung Suaja, Perairan Kayupulau, Kampung Kayobatu, Kampung Nelayan Hamadi, Kampung Nelayan Dok Sembilan, Dok Tujuh, Dok Empat, dan Kampung Nelayan Dok Dua.

Patroli laut yang dilaksanakan Bea Cukai Ternate dan Bea Cukai Jayapura tersebut merupakan perwujudan fungsi community protector.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News