Bea Cukai Kendari Sukses Antarkan UMKM Ini Ekspor Perdana Kepiting Hidup ke Singapura

Bea Cukai Kendari Sukses Antarkan UMKM Ini Ekspor Perdana Kepiting Hidup ke Singapura
Pelepasan ekspor perdana kepiting hidup ke Singapura yang dilaksanakan UD Yaditya dan turut dihadiri petugas dari Bea Cukai Kendari. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, KENDARI - Bea Cukai Kendari sukses mengantarkan UD Yaditya melaksanakan ekspor perdana kepiting hidup (life crabs) ke Singapura pada Rabu (4/10) lalu.

Hal ini tidak terlepas dari asistensi, fasilitas, dan pelayanan yang diberikan Bea Cukai Kendari kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kepala Kantor Bea Cukai Kendari Tonny Riduan P. Simorangkir menegaskan pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan fungsi industrial assistance di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kami berusaha hadir di tengah-tengah UMKM Sultra dengan memberikan pendampingan melalui klinik ekspor. Hal ini kami lakukan agar para UMKM berani melakukan ekspor dan dapat bersaing di pasar internasional,” ujar Tonny dalam keterangannya, Jumat (13/10).

Pemilik UD Yaditya Herybertus Dewanto menambahkan dalam ekspor perdana ini pihaknya mampu mengirimkan sebanyak 2 boks kepiting hidup seberat 46 kg ke Singapura.

Herybertus mengungkapkan sebelum adanya asistensi dan dorongan dari Bea Cukai Kendari, UD Yaditya selalu kurang percaya diri untuk memasuki pasar internasional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bea Cukai Kendari. Dorongan dan asistensi sejak awal sangat membantu kami merealisasikan ekspor ini,” kata Herybertus.

Tonny berharap ekspor perdana menjadi langkah awal bagi UMKM untuk memasuki pasar global.

Berkat asistensi hingga fasilitas dan pelayanan yang diberikan Bea Cukai Kediri, UMKM ini sukses melaksanakan ekspor perdana kepiting hidup ke Singapura

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News