Bea Cukai Kini Makin Kuat, TNI Siap Turun Tangan Benahi Masalah Ini

Bea Cukai Kini Makin Kuat, TNI Siap Turun Tangan Benahi Masalah Ini
Bea Cukai bersinergi dengan TNI untuk memperkuat fungsi pengawasan terhadap peredaran barang kena cukai ilegal. Ilustrasi Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berperan melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal dan berbahaya melalui kegiatan pengawasan dan pemberantasan barang ilegal. 

Upaya ini dilakukan Bea Cukai di beberapa wilayah dengan turut menggandeng aparat penegak hukum (APH) lain.

Di Jakarta, Kanwil Bea Cukai Banten, Kanwil Bea Cukai Jakarta, KPU Bea Cukai Tanjung Priok, dan KPU Bea Cukai Soekarno Hatta membangun komunikasi, koordinasi, dan sinergi bersama TNI AD dengan melakukan kunjungan kerja ke Komando Daerah Militer Jayakarta (20/9). 

Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti MoU antara Menteri Keuangan dengan Panglima TNI pada Januari lalu tentang kerja sama pelaksanaan tugas dan fungsi.

Hatta menegaskan kunjungan ini merupakan bagian dari pelaksanaan perjanjian kerja sama (PKS) antara Bea Cukai dan TNI AD tentang pendampingan pada pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai.

“Bea Cukai dan TNI AD berkomitmen membangun sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, terutama terkait pengamanan potensi penerimaan negara dari bidang kepabeanan dan cukai,” ujar Hatta.

Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Pangdam IV Diponegoro bertempat di RST dr. Soedjono, Magelang. Pertemuan ini dilakukan untuk membahas sinergi pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai antara TNI AD dan Bea Cukai.

“Optimalisasi pengawasan kepabeanan dan cukai di lapangan perlu dibangun dengan semangat kerja sama dan sinergi yang kuat. Sinergi antara TNI AD dan Bea Cukai menjadi kunci keberhasilan tersebut,” ujar Hatta.

Bea Cukai makin kuat kerena TNI siap turun tangan membantu membenahi persoalan negara ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News