Bea Cukai Membantu Produk Pelaku Usaha Menembus Pasar Internasional

Bea Cukai Membantu Produk Pelaku Usaha Menembus Pasar Internasional
Bea Cukai memberikan asistensi ekspor kepada pelaku usaha di beberapa daerah agar menembus pasar internasional. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai memberikan asistensi ekspor kepada para pelaku usaha di Malang, Banten, dan Langsa untuk menggali potensi ekspor komoditas dalam negeri.

Asistensi ini sejalan dengan upaya Bea Cukai untuk mendorong program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kegiatan asistensi di Malang dilakukan dengan mengunjungi kelompok usaha petani melon yang terletak di Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

“Bea Cukai bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang untuk menggali potensi ekspor dan menyosialisasikan fasilitas kepabeanan dan cukai,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Saat ini, kendala utama yang dialami petani melon adalah ketersediaan bibit atau benih melon asal impor sehingga mengganggu proses tanam dan produksi melon ke pasaran baik domestik dan mancanegara.

Selain itu, dijajaki agar kelompok usaha tani ini dapat melakukan eksportasi menggunakan bendera sendiri melalui wadah unit bisnis koperasi.

"Bea Cukai akan mendampingi melalui media klinik ekspor agar mereka dapat melaksanakan ekspor mandiri,” tambah Hatta.

Di Banten, Bea Cukai memberikan asistensi untuk PT GMP Multi Agro yang bekerja sama dengan pengusaha pengguna fasilitas pembebasan cukai etil alkohol PT Follow Me dalam rencana melakukan ekspor ke Inggris.

Bea Cukai memberikan asistensi ekspor kepada para pelaku usaha di Malang, Banten, dan Langsa untuk menggali potensi ekspor dalam negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News