Bea Cukai Memusnahkan Barang Ilegal, Ada Rokok dan Puluhan HP

Bea Cukai Memusnahkan Barang Ilegal, Ada Rokok dan Puluhan HP
Bea Cukai di Jawa Timur sedang memusnahkan barang ilegal hasil sitaan. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menunjukkan keseriusan untuk mengantisipasi peredaran barang ilegal dengan memusnahkan terhadap rokok, minuman keras, dan handphobe (HP).

Kegiatan pemusanahan itu dilakukan oleh Bea Cukai di Jawa Timur dan Kalimantan Selatan, Kamis (18/11).

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah mengatakan, pihaknya akan terus serius dalam penanganan pemasukan dan peredaran barang ilegal.

“Mari menjaga produk legal, kita jaga ekonomi negara dari masuknya barang-barang ilegal yang dapat merugikan,” kata dia dalam siaran persnya, Senin (23/11).

Bea Cukai Juanda melakukan kegiatan pemusnahan terhadap barang ilegal berupa 1.322.980 batang rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai dan 84 unit HP.

Firman menjelaskan, rokok ilegal merupakan hasil dari 451 penindakan di perusahaan jasa titipan pada periode April hingga September 2021.

“Diperkirakan nilai barang mencapai Rp 1.349.439.000 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 887.185.000," ungkapnya.

“Selain rokok, juga dilakukan terhadap 84 unit HP hasil dari 10 kali penindakan dengan total nilai barang sebesar Rp 1.047.150.000," sambung Firman.

Bea Cukai menunjukkan keseriusan untuk mengantisipasi peredaran barang ilegal dengan memusnahkan terhadap rokok, minuman keras, dan handphobe (HP).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News