Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal yang Rugikan Negara Rp 10 Miliar di Jatim

Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal yang Rugikan Negara Rp 10 Miliar di Jatim
Direktorat Jenderal Bea Cukai melakukan pemusnahan barang kena cukai (BKC) di wilayah Jawa Timur di Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur I, Sidoarjo, Rabu (13/9). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Direktorat Jenderal Bea Cukai melakukan pemusnahan barang kena cukai (BKC) di wilayah Jawa Timur.

Acara pemusnahan tersebut berlangsung di Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur I, Sidoarjo, Rabu (13/9). 

Pemusnahan itu sebagai bentuk akuntabilitas pelaksanaan tugas pengawasan dan perlindungan masyarakat dari peredaran barang ilegal.

Kegiatan itu juga serentak dilakukan oleh 4 unit vertikal Bea Cukai, yaitu Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II, Bea Cukai Kediri, Bea Cukai Jember, dan Bea Cukai Sidoarjo terhadap BKC ilegal bernilai puluhan miliar rupiah. 

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa, Nirwala Dwi Heryanto menjelaskan pemusnahan itu dilakukan terhadap berbagai jenis BKC ilegal yang telah berstatus barang menjadi milik negara (BMMN), berupa hasil tembakau (HT), tembakau iris (TIS), dan minuman mengandung etil alkohol (MMEA). 

BKC ilegal tersebut merupakan hasil penindakan sejak tahun 2022 dengan total barang hasil penindakan (BHP) sebanyak 15.884.601 batang HT, 10.500 gram TIS, dan 1.595,57 liter MMEA, dengan potensi kerugian negara mencapai Rp 10 miliar.

"Rinciannya adalah 2.370.980 batang HT oleh Kanwil Jawa Timur II, 10.153.016 batang HT dan 44,25 liter MMEA oleh Bea Cukai Kediri, 2.575.365 batang HT, 10.500 gram TIS, dan 852,60 liter MMEA oleh Bea Cukai Jember, serta 785.240 batang HT dan 698,72 liter MMEA oleh Bea Cukai Sidoarjo," kata Nirwala.

Dia menjelaskan BMMN yang dimusnahkan kali ini merupakan hasil penindakan Bea Cukai terhadap beragam modus upaya peredaran BKC ilegal, seperti penjualan di toko kelontong, penindakan di gudang penyimpanan, pengiriman antarwilayah menggunakan kendaraan pribadi/umum, serta penjualan secara online dan pengiriman melalui perusahaan jasa titipan (PJT).

Direktorat Jenderal Bea Cukai melakukan pemusnahan barang kena cukai (BKC) di wilayah Jawa Timur di Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur I, Sidoarjo, Rabu (13/9)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News