Bea Cukai Pacu Potensi UMKM Dalam Negeri Lewat Asistensi Ekspor

Bea Cukai Pacu Potensi UMKM Dalam Negeri Lewat Asistensi Ekspor
Bea Cukai terus memberikan fasilitas asistensi kepada para pelaku usaha dalam negeri. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus memberikan fasilitas asistensi kepada para pelaku dalam negeri.

Hal itu dilakukan untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk dapat berkembang. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan ekspor produk UMKM ke luar negeri.

Sosialisasi dan asistensi ekspor kali ini dilakukan oleh Bea Cukai Banjarmasin, Bea Cukai Tanjungpinang, dan Bea Cukai Magelang.

"Kami bersinergi dengan instansi pemerintah lainnya dalam mendorong UMKM untuk meningkatkan potensinya melalui ekspor,” ujar Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa, Nirwala Dwi Heryanto.

Bea Cukai Banjarmasin asistensi ekspor UMKM yang dihadiri oleh pelaku UMKM Kabupaten Tanah Laut. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Tanah Laut.

Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai memaparkan terkait peran dan fungsi, teknis dan prosedur untuk melakukan ekspor, serta beberapa kiat bagi pelaku UMKM agar produknya dapat bersaing di pasar internasional.

Beberapa kisah sukses juga disampaikan dalam kegiatan tersebut. Salah satunya CV Kebun Bunga Urban yang mengekspor tanaman hias ke pasar Asia, Eropa, hingga Amerika.

Bea Cukai Tanjungpinang kembali melaksanakan asistensi kepada pengguna jasa melalui kunjungan langsung ke lapangan.

Bea Cukai terus memberikan fasilitas asistensi kepada para pelaku usaha dalam negeri. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News