Bea Cukai Perkuat Sinergi Dorong Kemajuan Ekonomi Lewat Peningkatan Ekspor

Bea Cukai Perkuat Sinergi Dorong Kemajuan Ekonomi Lewat Peningkatan Ekspor
Bea Cukai Jateng DIY memperkuat sinergi dengan menerima kunjungan dari Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia, Senin (13/9). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus meningkatkan sinergi dalam menjalankan fungsi pengawasan dan pelayanan dalam upaya mendorong kemajuan ekonomi nasional.

Bea Cukai Jateng DIY misalnya, yang menerima kunjungan pelaku usaha yang tergabung di Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) pada Senin (13/9).

GINSI merupakan asosiasi yang dibentuk salah satunya bertujuan mempermudah transfer informasi kepabeanan, terutama prosedur ekspor dan impor yang dinamis.

"Kegiatan ini merupakan langkah Bea Cukai Jateng DIY dalam memperkuat sinergi setelah sebelumnya juga menerima kunjungan dari Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat," kata Kasubdit Komunikai dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, Selasa (21/9).

Kegiatan serupa juga dilaksanakan Bea Cukai Ambon yang menerima kunjungan dari PT Pelindo IV Cabang Ambon, Kamis (16/9).

Kedua instansi tersebut membahas pelayanan dan kendala dalam bidang jasa kepelabuhanan.

Dalam pertemuan tersebut, kendala kelangkaan kontainer untuk ekspor yang disampaikan Bea Cukai Ambon langsung mendapat jawaban dari Pelindo yang berencana mendatangkan kontainer ekspor.

Alhasil, langkah selanjutnya kedua instansi tersebut akan mengagendakan koordinasi dengan Tim Percepatan Ekspor Provinsi Maluku untuk membahas bersama-sama.

Kasubdit Komunikai dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah menyampaikan penguatan sinergi diperlukan dalam menjalankan tugas pengawasan dan pelayanan yang dilakukan Bea Cukai