JPNN.com

Bea Cukai & Polairud Bersinergi Tingkatkan Pengawasan Pantai Timur Sumatera

Kamis, 29 Oktober 2020 – 15:01 WIB
Bea Cukai & Polairud Bersinergi Tingkatkan Pengawasan Pantai Timur Sumatera - JPNN.com
Foto: Humas Ditjen Bea Cukai

jpnn.com, TANJUNG BALAI KARIMUN - Jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukai di beberapa daerah di Sumatra menggandeng Polairud dalam rangka patroli.

Langkah itu sebagai upaya membangun sinergi dalam rangkan meningkatkan pengawasan dalam mengamankan wilayah perairan.

Jajaran Bea Cukai yang bersinergi dengan Polairud itu ialah Kanwil Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau (Kepri), Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar), Bea Cukai Lampung, Bea Cukai Bengkalis, Bea Cukai Pekanbaru, Bea Cukai Jambi, hingga Bea Cukai Kuala Langsa.

Pasa Selasa (20/10), Kanwil Khusus Bea Cukai Kepri melaksanakan kegiatan patroli laut bersama Bea Cukai Tanjung Balai Karimun dan Satuan Polairud Polres Karimun. Kepala Kanwil Bea Cukai Kepri Agus Yulianto menjelaskan bahwa letak geografis Tanjung Balai Karimun yang dikelilingi laut memerlukan upaya lebih dalam mencegah penyelundupan.

Dalam patroli laut tersebut Bea Cukai Karimun dan Sat Polairud Polres Karimun melakukan pemeriksaan sarana pengangkut pada beberapa kapal yang sedang beroperasi. “Dalam pemeriksaan ini tidak ditemukan adanya indikasi penyelundupan barang ilegal,” ungkap Agus.

Adapun Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar), Bea Cukai Lampung dan Polairud Polda Lampung menyelenggarkan operasi patroli laut bersama mengingat masih tingginya tingkat penyelundupan barang melalui pesisir timur Sumatera.

Patroli menggunakan kapal BC30001 itu bertolak dari Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tanjung Balai Karimun. Sasarannya ialah narkotika, psikotropika dan prekursor (NPP), baby lobster, miras, rokok, ballpress, pasir timah, bawang, tekstil, handphone dan barang ilegal lainnya.

Masih dalam upaya meningkatkan pengawasan pesisir timur Sumatera, Bea Cukai Bengkalis bersama Polairud Bengkalis dan Selatpanjang juga menggelar patroli gabungan pada Rabu (21/10). Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis Ony Ipmawan mengatakan, patroli tersebut dalam rangka pengawasan dan penegakan hukum guna mengamankan perairan khususnya Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara