Beasiswa dari Kemendikbud untuk Mahasiswa Cerdas dan Berkarakter

Beasiswa dari Kemendikbud untuk Mahasiswa Cerdas dan Berkarakter
Beasiswa untuk mahasiswa cerdas dan berkarakter. Ilustrasi Foto: sam/jpnn.com

jpnn.com, KUPANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan beasiswa kepada 23 mahasiswa unggul dari berbagai universitas di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Ketua Tim Beasiswa Unggulan kemendikbud Musa Yosef kepada wartawan di Kupang, Selasa (29/10), mengatakan bantuan beasiswa unggul dari kemendikbud untuk mencari anak yang cerdas dan berkarakter.

"Bantuan beasiswa unggul ini untuk menjaring anak-anak yang cerdas dan berkarakter," kata Musa Yosef.

Musa Yosef menjelaskan, beasiswa unggulan memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik untuk berkompetisi, mendapatkan beasiswa unggulan yang setiap tahun dibuka untuk sekitar 1.500 – 2.000 orang untuk beasiswa penuh dari semester satu hingga semester delapan dan ditambah biaya hidup Rp1.400.000 per bulan serta biaya buku Rp1.800.000 per tahun.

Musa Yosef mengatakan, kemendikbud setiap tahun mencari anak yang cerdas dan berkarakter serta berharap mereka akan menjadi kader di Nusa Tenggara Timur.

"Secara umum anak muda itu sebenarnya bukan mencari kerja tetapi menciptakan lapangan pekerjaan untuk itu anak muda harus memiliki keterampilan dasar yang kuat kemudian pengetahuan untuk meningkatkan pendidikan tinggi terakhir adalah karakter harus baik nilai etika dan moral," kata Musa Yosep.

Dijelaskan, program beasiswa bagi mahasiswa unggul untuk mengangkat anak-anak muda agar berprestasi. Bukan sekadar kemampuan akademik. Namun prestasi unggul lainnya.

Dikatakannya, mahasiswa unggul juga harus memiliki prestasi dalam bidang olahraga, musik, atau seniman.

Ketua Tim Beasiswa Unggulan Kemendikbud Musa Yosef mengatakan bantuan beasiswa unggul dari kemendikbud untuk mencari mahasiswa cerdas dan berkarakter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News