Beasiswa Kedokteran, Pemprov Siapkan Rp5 M

Beasiswa Kedokteran, Pemprov Siapkan Rp5 M
Beasiswa Kedokteran, Pemprov Siapkan Rp5 M
SAMARINDA - Untuk beasiswa para mahasiswa jurusan kedokteran, Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) tahun ini menganggarkan sebesar Rp5 miliar. Untuk S-1 kedokteran, akan diberikan beasiswa sebesar Rp6 juta per tahun, yang akan diberikan selama lima tahun. Sedang untuk pendidikan profesi dokter, mendapatkan beasiswa Rp18 juta per orang per tahun, selama dua tahun.

Dibandingkan tahun lalu, besarnya beasiswa mengalami penurun untuk jenjang S-1 kedokteran, karena pada tahun lalu mendapatkan Rp9 juta per tahun. Namun, jumlah yang diterima mahasiswa yang mengambil profesi dokter, jumlahnya dua kali lipat, karena tahun lalu hanya mendapat Rp9 juta per tahun.

Kepala Biro Sosial Setprov Kaltim, Sigit Muryono menjelaskan, memang tahun lalu, untuk mahasiswa S-1 kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter beasiswanya sama yakni Rp 9 juta. Perubahan besaran beasiswa ini, lanjutnya, berdasarkan pada  kebutuhan riil. "Misalnya, mahasiswa jenjang sarjana diketahui sejauh ini lebih banyak pada teori dan magang. Sedangkan jenjang pendidikan profesi lebih banyak praktik, sehingga dana yang dibutuhkan lebih besar. Selain itu, kami juga sudah mendapat masukan soal besaran nominal beasiswa dari tenaga pengajar di fakultas tersebut," bebernya.

Dia mengatakan, ada persyaratan khusus untuk mahasiswa pendidikan profesi  yang ingin memperoleh beasiswa. Yakni, harus ada perjanjian tertulis dengan pemerintah daerah asal mahasiswa, kalau setelah lulus akan mengabdi di daerah asal. Beasiswa diberikan hanya untuk mahasiswa asal Kaltim, baik yang kuliah di Kaltim maupun di luar Kaltim.

SAMARINDA - Untuk beasiswa para mahasiswa jurusan kedokteran, Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) tahun ini menganggarkan sebesar Rp5 miliar. Untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News