Beban Daerah Berat, Honorer K2 Maklumi Sigi tak Buka Rekrutmen PPPK

Beban Daerah Berat, Honorer K2 Maklumi Sigi tak Buka Rekrutmen PPPK
Koordinator Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Kabupaten Sigi Sofyan. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, SIGI - Ribuan honorer K2 Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menolak PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Alasannya, tidak ingin menyulitkan daerah yang saat ini masih dalam tahap pemulihan pascatsunami dan likuifaksi.

"Memang Pemkab Sigi tidak buka rekrutmen PPPK tahap satu. Namun, kalau dibuka pun kami akan menolak," kata Koordinator Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Kabupaten Sigi Sofyan kepada JPNN, Senin (25/2).

Dia menambahkan, ketika gaji PPPK dialihkan ke anggaran APBD, pasti akan jadi beban buat daerah. Menggaji honorer K2 saja tidak mampu, padahal honornya kecil. Apalagi menggaji full setara PNS. Pastilah tidak mampu daerahnya.

BACA JUGA: Nizar Zahro Sebut Gaji PPPK Belum Pernah Dibahas di DPR

"Kami honorer K2 Sigi sebenarnya ikut memikirkan beban pemerintah daerah. Yang akan bertambah ketika penggajian PPPK dialihkan ke daerah masing-masing," ucapnya.

BACA JUGA: Honorer K2 Waswas Lantaran Sumber Gaji PPPK Belum Jelas

Daerah Sigi, lanjutnya, tengah konsentrasi pada persoalan kemanusiaan. Kalau ditambah dengan beban pengadaan PPPK, bagaimana Sigi bisa pulih pascabencana hebat tahun lalu.

"Seandainya pemda buka lowongan, atas nama honorer K2 Kabupaten Sigi, kami tetap tolak. Karena tujuan kami bukan PPPK tapi PNS," tutupnya. (esy/jpnn)


Pemkab Sigi tidak ikut membuka rekrutmen PPPK karena beban keuangan daerah masih berat, honorer K2 bisa memaklumi.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News