Beban Promosi dan Marketing GOTO Dipangkas, Nilai Transaksi & Pelanggan Naik

Beban Promosi dan Marketing GOTO Dipangkas, Nilai Transaksi & Pelanggan Naik
Ilustrasi GoTo. Foto: goto

jpnn.com, JAKARTA - Kenaikan jumlah dan transaksi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada kuartal keempat 2022 terjadi di tengah meningkatnya penurunan biaya promosi dan pemasaran secara signifikan.

Tercatat efisiensi sebesar 34 persen pada pos pengeluaran tersebut yang membuat GoTo merealisasikan pengurangan beban kuartalan sebesar Rp 2,8 triliun.

Penghematan tersebut didasarkan oleh strategi optimasi biaya promo dan pemasaran.

Hal ini dimungkinkan terjadi karena perseroan berhasil meningkatkan jumlah pelanggan loyal di segmen On-Demand Services dan ECommerce melalui berbagai layanan strategis dengan pertumbuhan pelanggan setia sebesar 19 persen secara Year on Year (YoY).

Hasilnya, Gross Transaction Value (GTV) GOTO yang berasal dari pelanggan berkualitas tumbuh sebesar 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau setara senilai Rp 613 triliun.

Sementara take rate 2022 pada segmen bisnis On Demand Services dan E-Commerce tumbuh masing-masing 234 bps dan 32 bps dibandingkan tahun sebelumnya.

”Menurut kami, apa yang dapat menopang pertumbuhan ekosistem GOTO di masa datang bergantung pada pelanggan setianya. Berdasarkan pengamatan kami dalam dua tahun terakhir, Grab misalnya sebagai salah satu pesaing terdekatnya menghabiskan lebih banyak biaya promosi rata-rata hingga 6,4 persen dari ukuran platformnya (kuartal I-2021 sampai kuartal III-2022), sedangkan GOTO hanya menghabiskan 2,2 persen dari ukuran platformnya untuk promosi pada periode yang sama,” ungkap Research Analyst MNC Sekuritas, Andrew Sebastian Susilo, dalam risetnya.

Dari situasi tersebut, kata Andrew, baik GOTO maupun Grab telah sama-sama memperjuangkan berakhirnya era 'bakar uang' di industri on-demand dengan melakukan rasionalisasi biaya promosi pada 2022.

Pada November 2022, GOTO mengikuti pendekatan pengoptimalan biaya opex terutama melalui perampingan jumlah karyawannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News