Bebas dari Kanker dengan 5 Makanan ini

Bebas dari Kanker dengan 5 Makanan ini
Ilustrasi. Seorang wanita sedang menghirup udara segar. Foto Women Healthy

jpnn.com - Kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Sejumlah studi menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup, seperti menerapkan diet yang sehat bisa menurunkan risiko kanker. Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan konsumsi makanan Anda sehari-hari.

“Apa yang Anda makan banyak berpengaruh terhadap kesehatan. Meski pola hidup sehat tak dapat menjamin 100 persen bahwa Anda akan terhindar dari kanker, tapi pola makan sehat dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker,” kata dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter. 

Jika Anda masih memiliki pola makan yang tidak sehat dan berantakan, mulailah untuk mengubahnya. Dilansir WebMD, salah satu cara yang dapat membebaskan diri dari kanker adalah dengan mengonsumsi lima makanan berikut:

1. Asupan yang mengandung antioksidan
Antioksidan banyak terdapat dalam buah dan sayur. Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin makan buah dan sayur memiliki risiko kanker yang lebih rendah.

Ketahuilah bahwa antioksidan merupakan zat yang dapat mengeliminasi radikal bebas tersebut dari tubuh. Radikal bebas bisa dihasilkan dari polusi udara, asap rokok, alkohol, dan berbagai hal lainnya. Mengonsumsi diet yang kaya akan buah-buahan dan sayur-sayuran dapat memastikan Anda mendapat kandungan antioksidan yang dibutuhkan setiap harinya. 

2. Bawang putih
Meski menimbulkan bau tak sedap pada mulut, kandungan belerang dalam bawang putih dapat menghentikan pembentukan zat penyebab kanker serta memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh.

Bawang putih juga dapat memerangi bakteri, termasuk H. pylori yang berkaitan dengan bisul hingga kanker lambung. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa bawang putih mampu mengurangi risiko kanker perut, usus besar, kerongkongan, pankreas, dan payudara.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi kira-kira satu siung bawang putih setiap hari untuk meningkatkan kesehatan. Anda dapat mencampurkannya ke dalam masakan. Untuk memaksimalkan manfaat bawan putih,  potong bawang putih dan biarkan selama sekitar 15-20 menit sebelum dimasak.

3. Brokoli
 
Bebas dari Kanker dengan 5 Makanan Ini (Brent-Hofacker/Shutterstock)
Brokoli dan sayuran silangan lainnya, seperti kubis, kangkung, dan kembang kol, mengandung fitokimia bernama glukosinolat. Senyawa ini dapat mencegah berbagai kerusakan sel penyebab timbulnya kanker.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup, seperti menerapkan diet yang sehat bisa menurunkan risiko kanker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News