Becky Tumewu Menjadikan Anak Santun tanpa Diminta

Becky Tumewu Menjadikan Anak Santun tanpa Diminta
Becky Tumewu Menjadikan Anak Santun tanpa Diminta. Foto Raka Denny/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - MENANAMKAN nilai-nilai kebaikan kepada anak paling mudah dilakukan lewat contoh langsung. Cara itu pula yang dipilih presenter Becky Tumewu untuk dua putrinya yang kini beranjak remaja. Putri sulungnya, Tara Marie, berusia 14 tahun dan anak keduanya, Kayla Zefanya, hampir 12 tahun.

Becky mengungkapkan, pembelajaran yang lebih efektif tidak sekadar lewat perintah. Orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak.

”Bagaimana kita bersikap, cara kita berbicara, cara memperlakukan orang lain, itu dilihat dan dikopi oleh anak. Simpel sebenarnya. Kalau kita ingin anak yang sopan, menghargai orang lain, ya kita harus bisa seperti itu,” tutur istri Johannes Theodorus Darmawan tersebut.

Dia bangga ketika kedua putrinya menunjukkan sikap santun tanpa diminta. Contohnya, saat traveling ke Hongkong, keluarganya menggunakan transportasi lokal bus. Si bungsu Kayla menyapa driver-nya, ”Good morning,” lalu saat turun mengucapkan, ”Thank you.”

”Pernah juga waktu lagi ngemal di Jakarta, habis dari toilet, dia mengucapkan terima kasih kepada petugas cleaning. Padahal, nggak saya suruh. Simpel, tapi itu magic words. Saya bangga banget melihatnya,” ujar perempuan kelahiran 27 Mei 1970 tersebut.  

Dengan menjadi ibu bagi anak-anak yang berusia remaja, diakui Becky, tantangan semakin berat. Namun, dengan menanamkan nilai-nilai positif dan ajaran agama sebagai fondasi sejak kecil, dia merasa lebih tenang. (nor/c11/end)


MENANAMKAN nilai-nilai kebaikan kepada anak paling mudah dilakukan lewat contoh langsung. Cara itu pula yang dipilih presenter Becky Tumewu untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News