Begini Analisis Syaifuddin Soal Bacawapres Ganjar, Pakai Frasa Pasangan Ideal

Begini Analisis Syaifuddin Soal Bacawapres Ganjar, Pakai Frasa Pasangan Ideal
Analis Komunikasi Politik sekaligus Dosen Pascasarjana Universitas Mercu Buana (UMB) Dr. Syaifuddin, M.Si. Foto: Dok. Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis Komunikasi Politik dari Universitas Mercu Buana (UMB) Dr. Syaifuddin, M.Si mengatakan tingkat elektabilitas bacawapres cukup memberi energi dalam mendorong tingkat peluang kemenangan pada Pilpres 2024.

“Itu yang membuat tidak mudah menentukan cawapres," kata Syaifuddin di Kampus UMB, Jakarta, Jumat (7/7) sore.

Oleh karena itu, menurut Syaifuddin, faktor pertama terkait tingkat elektabilitas cawapres baik untuk Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan.

Kedua, menurut Syaifuddin, faktor finansial. Dia menjelaskan faktor finansial cukup menentukan juga karena ini event nasional.

“Jadi, ada bacawapres yang elektabilitas tinggi, tetapi ada yang secara pribadi tidak cukup memiliki modal finansial,” kata Syaifuddin.

Namun, kata dia, ada juga bacawapres yang memiliki finansial kuat, akan tetapi elektabilitas juga tidak memadai.

Dia menyebutkan parpol yang sudah merapat ke Ganjar sebagai bacapres yang diusung oleh PDIP adalah Perindo dan PPP, sedangkan PAN dan Partai Hanura belum defenitif.

“Satu dari dua parpol, yaitu Perindo, mengusulkan figur TGB (Tuan Guru Bajang), mantan gubernur NTB dua periode menjadi bacawapres Ganjar," ujar Syaifuddin.

Analis Komunikasi Politik dari UMB Syaifuddin mengatakan tingkat elektabilitas bacawapres cukup memberi energi dalam mendorong kemenangan pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News