Begini Cara Bea Cukai Optimalkan Perannya Kepada Masyarakat di Kalimantan

Begini Cara Bea Cukai Optimalkan Perannya Kepada Masyarakat di Kalimantan
Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) dan Bea Cukai Sampit melakukan sinergi dengan pemerintah daerah (Pemda). Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) dan Bea Cukai Sampit melakukan sinergi dengan pemerintah daerah (Pemda).

Sinergi dilakukan demi memacu optimalisasi pelayanan dan pengawasan di masing-masing daerah.

Kanwil Bea Cukai Kalbagbar bersama jajaran Kemenkeu Satu di wilayah Singkawang, seperti KPPN Singkawang, KPKNL Singkawang, KPP Singkawang, Bea Cukai Sintete menggelar audiensi dengan Pemkab Singkawang pada Senin (23/10).

Dalam audiensi ini dibahas beragam potensi ekonomi di Singkawang yang dapat dimaksimalkan.

Adanya PLBN Aruk yang dapat dijangkau dari Singkawang dapat menjadi pintu ekspor bagi pengusaha di Singkawang untuk melakukan pengembangan usaha di luar wilayah Indonesia/Kalimantan Barat.

“Tercatat saat ini hanya ada 2 pengusaha dengan domisili Singkawang yang memanfaatkan keberadaan PLBN Aruk sebagai pintu pemasaran produknya ke Malaysia, dan kami mendorong para pengusaha lain untuk mengoptimalkannya,” kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Dinanjar.

Kemudian, Bea Cukai Sampit melaksanakan kunjungan kerja ke Pemkab Kotawaringin Timur pada Senin (30/10).

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan menjelaskan terkait tugas dan fungsi Bea Cukai serta upaya mengembangkan potensi ekspor daerah untuk meningkatkan penerimaan anggaran daerah setempat khususnya terkait sawit.

Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) dan Bea Cukai Sampit melakukan sinergi dengan pemerintah daerah (Pemda).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News