Begini Cara Ganjar Koneksikan Dunia Pendidikan dan Lapangan Kerja

Begini Cara Ganjar Koneksikan Dunia Pendidikan dan Lapangan Kerja
Pasangan capres-cawapres nomor urut tiga pada Pilpres 2024, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Dok: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KENDAL - Capres nomor urut tiga di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo memiliki cara untuk menghubungkan dunia pendidikan dengan kerja. Sebagai pemangku jabatan, Ganjar bakal menjembatani interkoneksi antara pendikan dan kebutuhan dunia usaha.

Ganjar sudah menuangkan komitmen itu dalam poin pertama dalam delapan visi misi Ganjar-Mahfud, yakni mempercepat pembangunan manusia Indonsia unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian.

Dalam poin tersebut, dipaparkan tentang keseriusan menciptakan pendidikan berkualitas dan merata di seluruh daerah se-Indonesia.

"Saya kira ide Ganjar-Mahfud tentang menciptakan lapangan pekerjaan, sekolah langsung kerja itu bagus sekali," ujar Ganjar, ditemui seusai sarasehan dengan Gen Z dan Milenial di Kopi Story, Kabupaten Klaten, Rabu (27/12).

Ganjar menambahkan untuk mewujudkan percepatan pembangunan SDM yang berkualitas diperlukan sinergitas penuh antara pemerintah, institusi pendidikan, dan perusahaan.

Ganjar mengatakan bakal mengintegrasikan pendidikan dan vokasi dengan dunia usaha.

Caranya dengan menyambungkan kebutuhan dunia usaha dengan kurikulum pendidikan, pelatihan disertai dengan dukungan pemagangan yang nyata terhadap sekolah vokasi.

Jika itu bisa dilaksanakan dengan baik, Ganjar menyebutkan secara kualitas, kuantitas dan penyalurannya akan berjalan optimal.

Ganjar menambahkan untuk mewujudkan percepatan pembangunan SDM yang berkualitas diperlukan sinergitas antara pemerintah, institusi pendidikan, dan perusahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News