Begini Cara Ganjar Pranowo Bikin Emak-emak di Jateng Berbahagia

Begini Cara Ganjar Pranowo Bikin Emak-emak di Jateng Berbahagia
Gubernur Ganjar Pranowo bersama para ibu UMKM. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali membuat gebrakan untuk pemulihan sektor ekonomi pascapandemi.

Menggandeng Bank Jateng, Ganjar meluncurkan Kredit Lapak, kredit murah untuk ibu-ibu pedagang pasar dan pelaku industri kecil rumahan dengan bunga sangat ringan yaitu 2 persen setahun.

Peluncuran Kredit Lapak itu dilakukan Ganjar saat gelaran Borobudur Marathon 2021, Sabtu (27/11). Ganjar juga sempat menyerahkan langsung secara simbolis kepada ibu-ibu pedagang Pasar Salaman Magelang.

"Hari ini kita launching Kredit Lapak, kredit untuk ibu-ibu pedagang pasar tradisional dan ibu-ibu kreatif di rumah. Plafonnya maksimal Rp2 juta dengan bunga 2 persen per tahun," kata Ganjar.

Program ini, lanjut Ganjar, dikeluarkan untuk mendorong kebangkitan ekonomi, khususnya ibu-ibu. Sebab menurut Ganjar, banyak kelompok perempuan ini kreatif dan memiliki banyak sektor usaha kecil.

"Selain itu kelompok perempuan ini biasanya gemi, titi dan manajemen keuangannya bagus. Sehingga disiplin mereka juga bagus," ucapnya.

Ganjar berharap program ini bisa membantu kelompok perempuan di Jateng menjalankan usahanya. Sebab di antara mereka, banyak yang sebenarnya membutuhkan modal kecil untuk menjalankan usahanya itu.

"Rata-rata mereka butuh modal tiap hari Rp100.000 sampai Rp1 juta. Kalau pinjam ke bank kan susah, makanya dengan program ini harapan saya mereka bisa terbantu," jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat program khusus untuk membantu emak-emak di Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News