Begini Cara Kabupaten Jayapura Kembangkan Pariwisata Biar Top!

Begini Cara Kabupaten Jayapura Kembangkan Pariwisata Biar Top!
Wisata Jayapura di Danau Sentani. Foto: Jawa Pos
JAKARTA - Bupati Jayapura Mathius Awaitouw optimistis industri pariwisata di wilayahnya bisa meningkatkan pendapatan daerah, membuka lapangan kerja baru dan menciptakan sentra industri kreatif di Kabupaten Jayapura.

jpnn.com - Saat ini kata Mathius, pemerintah kabupaten (Pemkab) Jayapura kini tengah gencar mengembangkan industri pariwisata melalui penyelenggaraan Festival Bahari Tanah Merah 2015.  

Menurut Mathius, kegiatan tahunan yang diselenggarakan Pemkab Jayapura bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kempora) dan Kementerian Pariwisata itu mampu menarik kunjungan wisman dan domestik.

"Banyak wisatawan mancanegara dan domestik berkunjung ke Kabupaten Jayapura menyaksikan Festival Bahari Tanah Merah 2015. Mereka tertarik berkunjung ke Danau Sentani, Tugu Jenderal Douglas McArthur di Ifar Gunung dan beberapa tempat wisata lainnya," kata Mathius di Jakarta, Selasa (3/11).

Selain itu, kegiatan berskala nasional tersebut juga berdampak positif bagi penerimaan devisa negara dan juga bisa memicu pertumbuhan ekonomi daerah.

Di samping itu, Pemkab Jayapura juga terus mengembangkan industri kerajinan tangan berupa lukisan kulit kayu di Kampung Asei. Tradisi melukis kulit kayu yang dimulai sejak tahun 1600 itu banyak diminati wisatawan manca negara maupun domestik. 

"(Memang) perlu usaha lebih keras lagi agar  Kabupaten Jayapura makin dikenal di mancanegara dan daerah lainnya di Indonesia. Kami sangat serius mengembangkan pariwisata untuk menjadikan sebagai salah satu sumber pemasukan daerah. Ini tantangan yang harus dijawab melalui kerja keras,” tandas Mathius. (chi/jpnn)


JAKARTA - Bupati Jayapura Mathius Awaitouw optimistis industri pariwisata di wilayahnya bisa meningkatkan pendapatan daerah, membuka lapangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News