Begini Cara Kerja Pelaku Skimming ATM yang Diringkus

Begini Cara Kerja Pelaku Skimming ATM yang Diringkus
Ilustrasi ATM. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lima anggota sindikat pelaku skimming Anjungan Tunai Mandiri (ATM) diringkus Petugas Reserse Mobile (Resmob) Ditreskrimum Polda Metro Jaya, secara terpisah.

Kelimanya yakni Caintanovici Andrean Stepan, 28, warga negara Rumania; Raul Kalai alias Lucian Meagu, 28, warga negara Rumania; Ionel Robert Lupu, 90, warga negara Rumania, dan Ferenc Hugyec, 27, warga negara Hungaria beserta istrinya Milah Karmilah, 30, warga Indonesia.

Jaringan internasional ini sering beraksi di beberapa wilayahnya di Indonesia.

Proses penangkapan dipimpin langsung Kanit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu.

Penangkapan terhadap para tersangka tersebut, dikatakan Rovan, dilakukan pihaknya setelah para tersangka tersebut banyak melakukan aksinya di wilayah Indonesia termasuk juga di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Namun, untuk yang paling banyak yakni terjadi di wilayah Jakarta.

Dalam menjalankan aksinya, para tersangka sengaja membuat alat skimmer dan seperangkat alat pendukung lainnya kemudian memasangnya di berbagai mesin ATM.

Data yang didapat dari alat skimmer digandakan di kartu ATM kosong kemudian digunakan dengan cara datang ke ATM memasukkan nomer PIN yang sudah didapat.

"Selanjutnya para tersangka menarik tunai uang yang ada di ATM tersebut. Hasil dari uang tersebut digunakan untuk keperluan sehari hari," ungkapnya saat dihubungi Jawa Pos, Jumat (16/3).

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti yang dipakai para pelaku skimming ATM saat menjalankan aksinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News