Begini Cara Memanfaatkan Teknologi Digital Agar Lebih Produktif

Begini Cara Memanfaatkan Teknologi Digital Agar Lebih Produktif
Internet rupanya bisa meningkatkan produktivitas seseorang untuk memasarkan barang atau pengembangan kapasitas diri. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Internet rupanya bisa meningkatkan produktivitas seseorang untuk memasarkan barang atau pengembangan kapasitas diri.

Namun, berlama-lama berselancar di internet tidak baik, apalagi hanya untuk berbelanja.

Hal itu diungkapkan olehFounder Akademi Digital Advisor Relawan TIK Indonesia Alamsurya Kubara Endriharto dalam webinar bertema “Kiat Membangun Usaha di Era Digital” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Dia mengatakan pengguna harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih produktif dan tidak menjadi sasaran pasar yang konsumtif.

Menurut dia, perilaku konsumtif di dunia maya bisa ditandai apabila kesehariannya hanya dihabiskan untuk memenuhi status sosial.

"Lebih sering menghabiskan waktu di internet, serta selalu menjadi pembeli dan bukan penjual," kata dia dalam siaran persnya.

Untuk menjadi lebih produktif, dia menyarankan, pengguna harus mampu mengenali potensi diri, jadikan potensi tersebut sebagai produk digital, dan konsisten mengembangkan potensi tersebut.

“Konsumtif dalam dunia digital sebetulnya bukan hanya soal berbelanja barang, tetapi lebih pada soal waktu,” kata Alamsurya.

Sementara itu, Creator Gameboard Literasi Digital DolananYu.id Ginna Desiana mengatakan untuk menjadi pembeli atau penjual yang bijak di dunia digital, pengguna harus memahami pemanfaatan marketplace sekaligus fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Internet rupanya bisa meningkatkan produktivitas seseorang untuk memasarkan barang atau pengembangan kapasitas diri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News