Begini Cara Menangkal Kekuatan Asing

Begini Cara Menangkal Kekuatan Asing
Wakil Ketua MPR RI, E. E. Mangindaan saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di hadapan ratusan mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia, di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Senin (25/4). FOTO: Humas MPR RI

jpnn.com - MANADO – Wakil Ketua MPR RI E. E. Mangindaan mengatakan jumlah penduduk di dunia ini terus bertambah namun geografi atau luas bumi tetap. Hal tersebut akan menimbulkan masalah perebutan pangan, energi, dan air.

Untuk mengantisipasi perebutan pangan, energi, dan air, Mangindaan menantang para mahasiswa untuk menciptakan teknologi yang mampu melipat-gandakan kebutuhan pangan dan air serta mengefisienkan energi.

“Negara yang kaya dengan cadangan energi adalah di daerah khatulistiwa. Negara-negara di khatulistiwa termasuk Indonesia akan menjadi rebutan negara-negara asing,” kata Mangindaan saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di hadapan ratusan mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Senin (25/4).

Untuk itu, Mangindaan menekankan pentingnya memperkuat jati diri bangsa dalam menghadapi kekuatan-kekuatan asing.

“Kalau kita tidak bicara 4 Pilar, jati diri kita akan terganggu,” paparnya.

Menurutnya, dengan jati diri bangsa yang melekat maka pembangunan akan terus berjalan dan kita akan menjadi negara yang maju.(Adv/fri/jpnn)


MANADO – Wakil Ketua MPR RI E. E. Mangindaan mengatakan jumlah penduduk di dunia ini terus bertambah namun geografi atau luas bumi tetap. Hal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News