Begini Cara Menekan Emisi Gas Buang pada Kendaraan Bermotor

Begini Cara Menekan Emisi Gas Buang pada Kendaraan Bermotor
Uji emisi dalam rangka Estafet Peduli Bumi. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ada banyak cara untuk menekan emisi gas buang pada kendaraan. Salah satunya dengan merawat mesin kendaraannya secara rutin, terlebih bagi kendaraan yang sudah berumur lebih dari tiga tahun.

Hal itu diungkapkan oleh Manajer Promosi PT Autochem Industry Dhany Ekasaputra dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

“Melakukan perawatan rutin untuk motor maupun mobil, sudah merupakan bagian dari peran aktif pemilik kendaraan dalam ikut menjaga kondisi bumi, terutama bagi pemilik kendaraan yang usia produksinya sudah di atas tiga tahun,” kata dia.

Dia menjelaskan langkah yang harus dilakukan bagi para memiliki mobil dan motor adalah sering melakukan perawatan pada sistem pembakaran bahan bakar.

Perawatan sistem pembakaran juga berfungsi untuk menjaga performa mesin agar tetap terjaga serta konsumsi bahan bakar ikut lebih efisien.

Tidak hanya itu, untuk menghasilkan emisi gas buang bagus pengguna harus melakukan perawatan saringan udara yang terdapat di hampir semua kendaraan.

“Jika saringan udara kendaraan terdapat kotoran akan membuat asupan udara bagi penyempurnaan pembakaran bahan bakar ikut terganggu, gas yang keluar melalui knalpot ikut tinggi,” kata Dhany menjelaskan.

Dia menuturkan pemilihan bahan bakar yang dikonsumsi oleh kendaraan juga memiliki peran penting dalam meminimalisir emisi gas buang yang sudah ditetapkan.

“Memilih bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan banyak pengaruhnya dalam menjaga konsumsi bahan bakar dalam kondisi yang terukur, potensi adanya pancaran polutan yang dihasilkan dari pembakaran di dalam mesin punya peluang menjadi rendah,” tutur Dhany. (Antara/jpnn)


Ada banyak cara untuk menekan emisi gas buang pada kendaraan. Simak selengkapnya di sini.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News