Begini Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Kacau Akibat COVID-19

Begini Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Kacau Akibat COVID-19
Ilustrasi - Pasien Covid-19 di RSUD Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (26/6/2021). Penting meningkatkan imun tubuh yang kacau akibat COVID-19. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Arti Indira menyebut infeksi akibat COVID-19 membuat imun tubuh menjadi kacau.

Untuk itu dibutuhkan vitamin dan mineral yang akan berperan membantu respons imun tubuh.

Menurutnya virus SARS-CoV-2 atau penyebab COVID-19 akan menyebabkan inteleukin naik, yakni sitokin protein yang berfungsi sebagai pembawa pesan mengaktifkan sistem kekebalan.

Begitu juga dengan TNF alpha dan interferon yakni protein alami yang diproduksi tubuh sebagai respons melawan senyawa berbahaya.

Sementara di satu sisi, sel yang menjadi pembunuh alami serta sel T dibuat menjadi turun.

"Nah, dengan mengonsumsi atau memasukkan sumber vitamin dan mineral seperti vitamin C, dapat memodulasi sitokin di tubuh sehingga interleukin menjadi turun terutama interleukin 6 (IL-6) dan meningkatkan interleukin 10 (IL-10)," ujar dokter Arti dalam webinar.

Dia mengatakan selain vitamin C, ada juga vitamin E dan selenium yang berperan pada pertahanan tubuh dengan meningkatkan kekuatan sel.

Kemudian seng atau zinc dengan peran ganda selain menjaga pertahanan tubuh, juga secara langsung dapat membantu mengganggu replikasi virus.

Dokter spesialis berbagi tips cara meningkatkan imun tubuh yang kacau akibat infeksi COVID-19

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News