Begini Cara Menparekraf Ajak Mahasiswa UNNES Tingkatkan Potensi Budaya Lokal

Begini Cara Menparekraf Ajak Mahasiswa UNNES Tingkatkan Potensi Budaya Lokal
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), untuk meningkatkan potensi budaya lokal dalam perekonomian digital di tengah era globalisasi. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), untuk meningkatkan potensi budaya lokal dalam perekonomian digital di tengah era globalisasi.

Sandiaga Uno mengatakan, ekonomi kreatif memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia dan pembangunan bangsa.

"Ekonomi kreatif memainkan peran yang luar biasa central dalam ekonomi Indonesia dan pembangunan bangsa. Lebih dari Rp1.100 triliun dengan total kontribusi 7,44 persen menempatkan kita di posisi ke tiga setelah Amerika dengan Hollywood ada Korea dengan K-Pop, Indonesia telah merangsek di posisi ketiga," ujar Sandiaga secara virtual, Kamis (19/8).

Dia juga menuturkan, potensi digital di Indonesia sangat luas. Sebab, terdapat 8 juta unit usaha kreatif dan 23 persen dari 180 juta pengguna smartphone di Indonesia merupakan kaum milenial.

Sandiaga Uno juga mengungkapkan, 17 juta masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terlebih, Indonesia juga telah memiliki beberapa perusahaan rintisan raksasa seperti Gojek, Tokopedia, OVO, Buka Lapak, dan Traveloka.

"Peran ekonomi kreatif dalam membangkitkan UMKM adalah sumber daya manusia yang mampu menghasilkan produk yang bernilai dan berjual daya tinggi," kata Sandiaga.(chi/jpnn)

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, ekonomi kreatif memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia dan pembangunan bangsa.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News