Begini Cara Menpora Tingkatkan Semangat Atlet Asian Games

Begini Cara Menpora Tingkatkan Semangat Atlet Asian Games
Suasana santai di rumah Menpora Imam Nahrawi saat menjamu atlet makan malam. Foto: Dokpri Menpora

jpnn.com, JAKARTA - Agustus adalah bulan spesial bagi olahraga Indonesia. Pasalnya, di bulan ini bakal diselenggarakan Asian Games 2018, pesta olahraga terbesar se-Asia.

Atlet-atlet yang bakal bertanding sudah berlatih sejak lama. Berbagai kejuaraan di dalam maupun luar negeri telah mereka ikuti untuk meningkatkan kemampuan. Namun untuk menjadi juara tidak hanya kondisi fisik saja yang mesti disiapkan, tetapi juga diperlukan mental dan kondisi psikologis yang baik.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi berinisiatif untuk memantapkan kondisi psikologis para atlet. Ia mengajak 46 atlet yang terdiri dari 37 atlet bola voli putra maupun putri, 5 atlet jiujitsu, dan 4 atlet senam nomor trampolin nonton film bareng di Mal Pacific Place.

"Setiap kita butuh refreshing (santai) sejenak, khususnya bagi atlet yang kesehariannya sudah diisi dengan latihan dan berbagai uji tanding. Setelah ikhtiar secara lahiriah melalui latihan keras telah kita lakukan, begitu pula dengan berbagai uji coba pertandingan telah kita lalui, maka upaya itu juga harus disertai dengan ikhtiar batiniah yang mampu membuat atlet merasa senang dan tetap bahagia," kata Menpora setelah keluar dari ruangan bioskop.

Hal itu juga diakui oleh Ilma Yeni Megawati, atlet Jiujitsu yang ikut menonton bareng Menpora. Ilma yang baru saja meraih medali emas pada Kejuaraan Jiujitsu Dunia di Tokyo, Jepang pada 30 Juli 2018 ini mengatakan, "Target saya meraih emas (di Asian Games 2018), untuk itu saya butuh dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia," ucap perempuan yang bakal turun di nomor 62kg putri ini.

Selain mengajak para atlet ke bioskop, bentuk dukungan Menpora lainnya yakni dengan mengundang mereka ke kediamannya di Widya Chandra. Di sana, Menpora menyajikan masakan ala rumah. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan suasana "rumah-an" kepada para atlet. Menpora bersama para atlet menyantap hidangan sambil duduk lesehan. Sesekali terlihat senyum sumringah keluar dari suasana yang begitu cair karena gelak tawa.

"Kegiatan seperti ini sangat baik dalam rangka meningkatkan kerja sama kita sebagai sebuah tim," kata Samsul Jais, pelatih Timnas Bola Voli Indonesia di bus dalam perjalanan dari Mal menuju kediaman Menpora.

Di dalam bus, Menpora juga menyempatkan diri menghibur para atlet. Dengan gaya khas pemandu wisata, Menpora bicara banyak tentang suka duka menjadi menteri, hingga optimisme sebagai tuan rumah.

Agustus adalah bulan spesial bagi olahraga Indonesia. Pasalnya, di bulan ini bakal diselenggarakan Asian Games, pesta olahraga terbesar se-Asia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News