Begini Cara Perempuan Kreaif Mempersiapkan Diri Menyambut MEA

Begini Cara Perempuan Kreaif Mempersiapkan Diri Menyambut MEA
Begini Cara Perempuan Kreaif Mempersiapkan Diri Menyambut MEA

jpnn.com - JAKARTA - Banyak pihak yang benar-benar mempersiapkan diri menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan terlaksana pada akhir tahun ini. Salah satu pihak yang mempersiapkan diri itu adalah Dari Perempuan Untuk Bangsa (DPUB). Mereka adalah perkumpulan perempuan yang bergerak untuk menciptakan dan meningkatkan usahawan kreatif.

Bentuk persiapan mereka adalah dengan menyelenggarakan pameran dan edukasi produk ekonomi kreatif yang dilaksanakan di Gedung Caraka loka, Jakarta pada 13-15 Mei. 

Ketua Pelaksana, Okke Hatta Rajasa, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pameran dan edukasi digelar sebagai persiapan perempuan Indonesia menyambut MEA. “DPUB adalah sekumpulan perempuan yang menaruh perhatian serius kepada usaha kreatif di Indonesia mengantisipasi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015,” kata Okke. 

Menurutnya, DPUB perlu untuk berbuat sesuatu yang kongkrit. Keunikan event ini bukan hanya sekedar pameran produk usaha kreatif di bidang wastra, kriya dan boga. Namun juga ada klinik konsultasi bisnis dan pembekalan bagi usaha kreatif.

Lebih lanjut, Okke yang juga pembina Citra Tenun Indonesia, menjelaskan peran penting UKM dalam perekonomian Indonesia. “UKM di Indonesia, menurut BPS 2009, berjumlah sekitar 52,76 juta unit dengan kontribusi pada PDB sebesar 56,92 persen, juga kontribusi. Ini merupakan potensi besar UKM Indonesia untuk berperan dalam ketika MEA diberlakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPR Setya Novanto, yang hadir membuka acara menyambut baik inisiatif perempuan Indonesia, yang tergabung dalam perkumpulan Dari Perempuan Untuk Bangsa, sebagai karya kongkrit dalam mendukung kesiapan dunia usaha dalam menghadapi MEA 2015.

“Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada perkumpulan DPUB, dengan inisiatif menggelar pameran ini. Hal ini jelas sangat menggembirakan, khususnya bagi pemerintah dan usaha kecil menengah untuk segera bersiap menuju terwujudnya Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun ini,” ujarnya.

Setya Novanto juga memberikan komitmen bahwa DPR akan memfasilitasi usaha-usaha kreatif, khususnya usaha kecil menengah dengan regulasi yang dapat memberikan ruang untuk kompetisi di regional Asean. (mas/jpnn)

JAKARTA - Banyak pihak yang benar-benar mempersiapkan diri menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan terlaksana pada akhir tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News