Begini Cara Rieke Memberantas Covid-19 untuk Klaster Industri

Begini Cara Rieke Memberantas Covid-19 untuk Klaster Industri
Laskar Juang RDP kembali mengadakan program ‘Vaksin Roadshow to Factory’ lanjutan bagi pekerja di PT KMK Plastic Indonesia, Bekasi, Sabtu (28/8/2021). Foto: Laskar Juang RDP

jpnn.com, BEKASI - Laskar Juang RDP kembali mengadakan program ‘Vaksin Roadshow to Factory’ lanjutan bagi pekerja di PT KMK Plastic Indonesia, Bekasi, Sabtu (28/8/2021).

Pembina Laskar Juang RDP sekaligus anggota DPR RI Dapil Jawa Barat VII Rieke Diah Pitaloka senantiasa mengingatkan pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi seluruh pekerja khususnya di Kabupaten Bekasi.

Menurut Rieke, Bekasi sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara wajib menerapkan protokol kesehatan ketat di pabrik-pabrik, termasuk memastikan jalannya vaksinasi secara optimal.

“Bekasi ini kan destinasi investasi skala nasional. Kurang lebih 30 negara membuka pabrik dengan jumlah pekerja yang besar. Dari data ini Pemkab ataupun Pj Bupati harus gencar kampanye vaksinasi misalnya dengan Gerakan BERANI atau Berantas Pandemi. Agar keselamatan dan kesehatan pekerja di Bekasi terjamin,” ujar Rieke saat pelaksanaan Vaksin Roadshow to Factory lanjutan di PT KMK Plastic Indonesia.

Rieke mengatakan pekerja dan keluarganya yang terlindungi dengan vaksinasi secara simultan akan meningkatkan produktivitas. Terlebih, selama PPKM banyak PHK karena terkendala aspek produksi akibat angka penularan Covid-19 yang melonjak.

“Makanya (pekerja) wajib dilindungi. Jangan sampai ada klaster industri di Bekasi. Ada lebih dari satu juta orang yang menggantungkan hidupnya di kawasan industri ini. Aspek produktivitas dan keselamatan kerja harus berjalan beriringan,” ujar Rieke.

Mengacu data Kementerian Perindustrian, Bekasi memiliki sepuluh kawasan industri dengan luas lahan mencapai 9.496 Ha. Di antaranya Kawasan Industri Jababeka (2.267 hektare), MM2100 Industrial Town BFIE (1.700 hektare), Greenland International Industrial Center (1.700 hektare), Lippo Cikarang (1.645 hektare), dan MM2100 Industrial Town MMID (805 hektare).

“Dari data ini, maka seluruh stakeholders Bekasi harus bisa bergerak cepat dan serentak. Upaya pemerintah dalam memenuhi kekebalan komunal (herd immunity) hendaknya didukung semua pihak. Kawan-kawan Laskar Juang RDP terus menggandeng berbagai pihak salah satunya Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi untuk percepatan vaksinasi pekerja di kawasan industri,“ ujar Rieke.

Menurut Rieke, Bekasi sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara wajib menerapkan protokol kesehatan ketat di pabrik-pabrik, termasuk memastikan jalannya vaksinasi secara optimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News