Begini Cara Tim SAR Mengasah Kemampuan

Begini Cara Tim SAR Mengasah Kemampuan
Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V yang juga anggota Tim Search and Rescue (SAR) mengasah kemampuan renang dan menyelam, Jumat (11/3). FOTO: DOK.TNI AL

jpnn.com - TEGAL – Sebanyak 81 orang prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V yang juga anggota Tim Search and Rescue (SAR) mengasah kemampuan renang dan menyelam, Jumat (11/3).

Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Sirilius Arif Susbintoro, mengatakan latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berenang dan menyelam untuk membantu proses evakuasi korban.

“Latihan ini ditujukan agar anggota tim memiliki kepercayaan diri, memperoleh pengetahuan baik secara teori maupun praktek mengenai kegiatan penyelaman guna mendukung kegiatan SAR,” ujar  Arif.

Latihan kali ini, lanjut Arif, diskenariokan korban tenggelam di laut dan petugas harus melakukan penyisiran di dasar air guna menemukan korban tenggelam. Menurutnya, salah satu hambatan yang dihadapi adalah kondisi air yang keruh sehingga jarak pandang sangat terbatas. Hal itu dibuat untuk menggambarkan medan yang sebenarnya.

“Latihan ini diumpamakan seperti di medan yang sesungguhnya, karena kita TNI Angkatan Laut dan sebagian besar kita hidup di laut maka diperlukan kemampuan khusus untuk menghadapi permasalahan tersebut,” tegasnya dilansir dalam siaran pers Penerangan Lantamal V.(fri/jpnn)


TEGAL – Sebanyak 81 orang prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V yang juga anggota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News