Begini Jurus Ganjar Mengatasi Kelangkaan BBM & Lonjakan Harga Kedelai

Begini Jurus Ganjar Mengatasi Kelangkaan BBM & Lonjakan Harga Kedelai
Capres RI nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (5/12). Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Capres RI nomor 3 Ganjar Pranowo mengaku punya rencana kerja untuk mengatasi ketidakstabilan harga bahan pokok dan kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Jurus diungkapkan Ganjar demi menjawab pertanyaan wartawan setelah eks Gubernur Jawa Tengah itu menerima keluhan soal lonjakan harga kedelai dari seorang pedagang tempe di Pasar Baru, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (5/12).

Ganjar mengatakan langkah yang akan dilakukan untuk menstabilkan bahan pokok apabila terpilih menjadi Presiden RI ialah membenahi sektor hulu.

Semisal, kata pria kelahiran Jawa Tengah itu, pemerintah bakal menggencarkan penggunaan teknologi untuk produksi bahan pokok.

"Memperbaiki proses produksi dengan menggunakan teknologi dan dari budidayanya juga mesti dengan teknologi yang baik," kata Ganjar menjawab awak media di Kaltim, Selasa.

Solusi berikutnya untuk menstabilkan harga bahan pokok, kata dia, menghadirkan alat pertanian yang mudah digunakan dan pemberian pupuk tepat sasaran.

"Problem pupuk juga menjadi soal, mekanisme (penyaluran pupuk, red) perlu pendampingan kawan-kawan penyuluh dan butuh mendapat perhatian," kata Ganjar.

Sementara itu, kata dia, kelangkaan BBM di beberapa daerah harus dilihat secara detail dengan menyoroti sisi distribusi.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan jurus jitu demi mencegah kelangkaan BBM dan melonjaknya harga bahan pokok. Apa saja itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News