Begini Kesiapan Pemprov Daerah Tujuan Mudik Terbesar di Jakarta

Begini Kesiapan Pemprov Daerah Tujuan Mudik Terbesar di Jakarta
Antusiasme mudik Lebaran 2022 yang tinggi memberikan potensi macet di sejumlah titik cukup besar. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAWA TENGAH - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan pihaknya sudah siap menyambut para pemudik yang datang ke Jateng.

Bahkan pihaknya juga siap melayani para pemudik yang akan melintas dari Jakarta ke Jawa Timur, yang diperkirakan mencapai 16,8 juta orang.

"Jadi secara keseluruhan, di Jawa Tengah ini pada prinsipnya sudah siap semua, termasuk rencana pemberlakuan one way berakhir di KM 141, Kali Kampung," kata Henggar dalam acara diskusi daring bertema Berkah Mudik untuk Daerah, Senin (25/4).

Pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah skenario untuk diterapkan dalam mengatasi masalah kemacetan di jalur alternatif.

Saat ini, kata Henggar, ada lima ruas jalan yang dapat digunakan pemudik untuk melintas dari ujung timur ke barat Pulau Jawa dan sebaliknya. Antara lain jalan Pantura, jalan tol, jalur tengah dan jalur Pansela serta jalur lingkar sselatan.

"Ada lagi satu jalur saat ini, kemarin pak KemenPUPR sudah mulai mempublikasi mengharapkan banyak dilewati oleh para pemudik yakni jalur lingkar selatan-selatan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono mengatakan Pemda Jatim telah melakukan sejumlah persiapan menyambut mudik lebaran tahun ini.

Pemprov Jawa Timur juga menyediakan 10 bus gratis bagi warga Jawa Timur yang saat ini merantau di Jakarta.

Pemerintah daerah secara intens melakukan pengawasan dan imbauan kepada masyarakat, harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News